Kualitas Pengajaran Tergantung kepada Akhlak dan Sifat Guru

Rasulullah SAW konsisten dengan metode dan sifat dalam mengajar yaitu agar dalam proses pengajaran harus disertai pengamalan/aplikasi dan memohon perlindungan dari ilmu yang tidak mermanfaat. Beliau juga sebagai panutan dalam setiap yang diajarkannya.

Di antara akhlak guru sebagiamana yang dijelaskan oleh Rasulullah SAW dan dipraktikkan oleh beilau dalam pengajarannya adalah berisfat lembut kepada murid-murid, penyantun dalam menghadapi yang bodoh dan tidak tergesa-gesa meninggalkan mereka.

Rasullah SAW bersabda,”sesungguhnya Allah menyukai kelembutan segala hal secara keseluruhan”. (HR. Bukhari). Rasululah SAW juga bersabda,”barang siapa yang menghalangi bersikap lembut, maka ia dihalangi dari mendapatkan kebaikan”(HR. Muslim)

Rasulullah SAW menjelaskan, bahwa sikap lembut itu indah dan perhiasan, orang yang menghiasai dirinya dengannnya, dia akan menjadi baik dan disuka dan bahwa sesungguhnya kelembutan dalam mengajar kebaikan dan keindahan. Pengajaran tanpa kelembutan sangat buruk bagi guru dan berbahaya bagi murid. (Muhammad Fathi,2009:33-36)

 

resume by

1 Komentar

Filed under Tulisan

One response to “Kualitas Pengajaran Tergantung kepada Akhlak dan Sifat Guru

  1. Ping-balik: Kualitas Pengajaran Tergantung Kepada Ahklaq dan Sifat Guru – CENDIKIA MANDIRI BERSAMA

terima kasih atas kunjungannya...mudah-mudahan berbagai tulisan yang kami sajikan ini dapat bermanfaat bagi pembaca. tak lupa agar silaturrahim pengunjung tetap berlanjut sudi kiranya pengunjung untuk memberikan pesan dan kesan setelah membaca tulisan yang ada di blog ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s